7 Cara Membuat CV yang Menarik agar Dilirik oleh HRD

Membuat CV yang Menarik


 Sangat mudah untuk menarik perhatian HRD, Asalkan kamu mau belajar membuat CV yang menarik dari situs ingfoloker ini.

Pada umumnya tim HRD perusahaan menilai CV seseorang hanya butuh waktu 10 detik apakah layak di panggil interview atau tidak.

Melalui kesempatan kali ini Anda bisa mempunyai peluang besar untuk dipanggil interview oleh tim HRD perusahaan lewat CV yang menarik.

Tanpa menunggu lama, yuk kita mulai kepada pembahasan di bawah ini !

1. Buat CV yang Singkat, Padat dan Jelas

Mengutip dari The Guardian "Salah satu CV yang bagus dan benar adalah CV yang singkat, padat dan jelas sehingga tidak membingungkan tim HRD perusahaan.

Usahakan dalam membuat CV seringkas mungkin dan mudah di pahami, jangan lebih dari dua halaman.

Masukkan informasi pribadi dengan jelas. Saat akan memasukkan deksripsi diri Anda usahakan jangan terlalu banyak kata dan terlalu basa-basi, tonjolkan kelebihan-kelebihan dirimu.

2. Cantumkan dan Deskripsikan Pengalaman yang Relevan

Cara kedua untuk membuat CV yang menarik adalah memilih dan mencantumkan pengalaman Anda yang ingin di masukkan kedalam CV.

Anda harus memastikan bahwa pengalaman yang Anda cantumkan relevan dengan posisi yang sedang Anda lamar.

Contohnya, Anda melamar bagian programmer. Nah, lalu kamu sebelumnya pernah menjalani proyek yang berkaitan dengan programmer di perusahaan sebelumnya.

Pengalaman tersebut dapat Anda masukkan agar menarik perhatian dari si HRD dan mendapatkan nilai tambahan tersendiri.

Untuk Freshgraduate jangan berkecil hati, Anda bisa memasukkan keahlian Anda selama masa pendidikan

3. Tata Bahasa

Dalam membuat CV tata bahasa ini perlu, kenapa? karena jika ada dalam CV Anda yang typo akan membuat si HRD bingung dan tak tertarik dengan CV yang typo tadi.

Untuk mengatasinya cukup mudah Anda bisa membacanya lagi dengan perlahan atau bahkan meminta bantuan teman atau bisa cek situs typo online.

4. Gunakan Kata-Kata yang Mempunyai Daya Tarik

Kata kata yang menarik untuk digunakan di dalam CV Anda seharusnya sudah ada dan tertanam  di dalam CV Anda agar si HRD bisa tertarik kepada Anda.

Pastikan kata-kata itu bisa membuat tertarik si HRD. Contohnya, daripada menggunakan kata-kata "kerja keras" lebih baik Anda ubah menjadi "kreatif".

Coba bayangkan Anda menggunakan kata kreatif, sangat berbeda bukan dengan kerja keras?. Maka otomatis si HRD akan beranggapan bahwa Anda sebagai orang yang kreativitas bisa mengembangkan perusahaan.

Pastikan kata kata yang memikat si HRD ada di CV Anda.

5. Gunakan Font Profesional

Cara ini mungkin Anda anggap adalah hal sepele, akan tetapi agar membuat CV yang menarik pastikan font yang Anda gunakan mudah terbaca dan terlihat profesional.

Umumnya font yang sering digunakan dalam mmebuat CV adalah Times New Roman, Arial atau Calibri.

Dan untuk ukuran biasanya 10 sampai 12 point. Pemilihan font untuk CV salah satu hal penting agar CV Anda mudah dibaca oleh si HRD.

6. Masukkan Kontak Anda yang Aktif

Ini juga adalah salah satu hal penting untuk membuat CV yang menarik karena kontak yang aktif adalah untuk si HRD menghubungi calon pekerja jika lolos ke tahap berikutnya.

Oleh karena itu Anda jangan lupa mencantumkan kontak Anda yang aktif ke dalam CV. Masukkanlah kontak setidaknya E-mail dan No Handphone yang aktif.

Untuk Email jangan menggunakan Email yang aneh serperti firmanganteng@gmail.com dan lain lain. Gunakan email yang terlihat profesional dengan menggunakan nama Anda sendiri.

7.  Masukkan Keahlian yang Anda Miliki

Selain untuk memberi tahu kepada si HRD dengan memasukkan keahlian yang Anda miliki akan membuat semakin menarik CV Anda. 

Dengan adanya keahlian yang Anda masukkan 90% akan dibaca oleh si HRD jika sesuai dengan kualifikasi lowongan kerja maka Anda akan menjadi salah satu calon kandidat yang akan menuju tahap interview.

Demikianlah cara membuat CV yang menarik, semoga pengunjung ingfoloker sehat selalu dan dimudahkan rezekinya

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak