9 Tips Cara Menjawab Pertanyaan Interview oleh HRD

Menjawab Pertanyaan Interview


 Kunci sukses untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang Anda sukai dan minati adalah membuat surat lamaran yang baik dan benar serta menjawab pertanyaan interview dari HRD secara baik.

Nah dalam pertemuan kali ini kami ingin mencoba jelaskan beberapa tips sukses menjawab pertanyaan interview dari HRD saat kamu melamar kerja.

1. Ceritakan Diri Anda dengan Semangat

Pertama adalah ceritakanlah tentang diri Anda sendiri dengan penuh semangat dan percaya diri.

2. Jawab Pertanyaan HRD Secara Singkat dan Jelas

Hindari jawaban yang berbelit-belit dan panjang. Jawablah pertanyaan HRD secara singkat dan jelas dengan kondisi Anda rileks dan tenang.

3. Jangan Berkomentar Negatif Tentang Tempat Bekerja Anda Dulu

Umumnya HRD KEPO pasti bertanya "Kenapa keluar dari tempat kerja yang dulu?", jawablah oleh Anda secara Diplomatis. Contohnya hindari jawaban negatif (membongkar aib perusahaan) atau menjelekkan perusahaan tempat kerja Anda dulu.

4. Mata Selalu Menatap HRD

Setiap Anda menjawab pertanyaan dari HRD tataplah wajah atau matanya agar HRD tertarik dengan Anda. Hal ini penting untuk interview online maupun offline.
Jika Anda lelah menatap mata HRD sebaiknya jika sudah menjawab pertanyaan HRD Anda lihat saja jidat HRD.
Kontak mata sangat penting untuk memastikan HRD.

5. Berpenampilan Sopan dan Resmi

Mau interview online atau offline kerapihan dan kesopanan harus di terapkan. Pakailah pakaian formal yang kamu miliki. Warna yang cocok untuk interview kerja adalah putih, hitam dan abu-abu.

6. Persiapkan Jawaban Sebelum Hari H

Pertanyaan HRD saat interview semuanya sama saja, akan tetapi agar lebih lancar agar HRD tertarik. Contoh soalnya seperti menceritakan diri Anda sendiri, apa kelemahan kamu, dll.

Selain itu semua terkadang ada HRD yang suka memberikan pertanyaan jebakan kepada calon kandidat.

7. Berbicara dengan Nada Semangat

Jika ditanya jawablah dengan berbicara sedikit lebih cepat dan lebih keras serta berbicara memiliki jeda pendek, hal ini biasanya akan di nilai semangat oleh HRD.

8. Bersikap Ramah dan Tegas Kepada Pewawancara

Adab dan akhlak merupakan hal penting saat Anda dalam proses interview, bersikaplah ramah namun tegas di hadapan HRD atau pewawancara.
Biasanya juga HRD suka kepada orang beradab dan akhlak selain itu jangan lupa juga senyum.

9. Jangan Sombong kepada HRD

Saat Anda ditanya tentang kelemahan atau kelebihan Anda, jangan sampai omongan Anda terlalu tinggi saat menonjolkan kemampuan yang Anda miliki. Intinya hindari jawaban Anda yang menyombongkan diri.

Demikianlah yang bisa kami tulis seputar tips dan trik menjawab pertanyaan interview oleh HRD. Untuk Anda yang sedang dalam tahapan interview semoga cepat lulus dan dapat pekerjaan yang di dambakannya. 
Semoga yang belum dapat pekerjaan semoga segera disegerakan oleh Tuhan yang Maha Esa.

Sekian dari kami...
Terimakasih !
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak