Berikut Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview

jawaban kelebihan dan kekurangan


Pada saat interview terkadang ada calon kandidat yang ditanya oleh si HRD tentang kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri si calon kandidat.

Bagi beberapa calon kandidat, mungkin ini adalah pertanyaan yang menakutkan yang tidak mungkin bisa di jawab dengan spontan atau langsung.

Karena jika menjawab pertanyaan si HRD yang kurang mengenakkan bagi si HRD bisa bisa nasib Anda tidak lolos kerja di perusahaan yang di lamar.

Nah, agar proses interview Anda tidak penuh dengan ketegangan dan kekhawatiran, artikel berikut akan memberikan contoh jawaban kelebihan dan kekurangan apa saja yang bisa kamu jawab saat si HRD bertanya-tanya.

Yuk simak lebih lanjut pembahasan dengan scroll ke bawah.

Contoh Jawaban Kelebihan Diri Anda

1. Fleksibel

Contoh jawaban kelebihan dan kekurangan yang pertama adalah Anda bisa menjawab dengan fleksibel. Dilansir dari situs Easy Resume menjawab pertanyaan dengan jawaban ini akan membuat diri Anda pantas dan memikat hati si HRD.

Maksud dari fleksibel disini adalah Anda siap ditempatkan dimana saja sesuai kebutuhan perusahaan. Jawaban "fleksibel" jadi favorit calon kandidat saat proses interview oleh si HRD.

2. Percaya Diri

Menjawab dengan "percaya diri" akan membuat dirimu terlihat ambisius di depan si HRD dan siap untuk memajukan perusahaan yang Anda lamar.

Agar bisa terlihat meyakinkan oleh si HRD jawab pertanyaannya dengan gestur yang baik saat menjawab jawaban kelebihan dan kekurangan.

3. Rapi

Pada dasarnya kerapian juga di nilai oleh si HRD. Kenapa HRD suka dengan calon kandidat yang rapi? karena perusahaan akan mencari calon kandidat yang dapat bekerja sesuai dengan aturan.

Selain itu kerapian juga dinilai menandakan seseorang yang detail terhadap dirinya.

4. Mampu Memimpin Tim

Hal ini adalah jawaban cocok dan sangat penting untuk Anda melamar pekerjaan di posisi manager atau memimpin sebuah tim dari perusahaan tersebut.

Misal contohnya adalah "Anda dapat memimpin tim kantor hingga dapat meraih banyak prestasi baru.

5. Kemampuan Interpersonal yang Baik

Dengan menjawab mempunyai "kemampuan interpersonal yang baik" Anda akan lebih unggul.

Karenanya secara tidak langsung jika Anda menjawab dengan kalimat ini seakan-akan bahwa Anda dapat bergaul dengan semua rekan kerja dengan baik.

6. Kemampuan Mengatasi Masalah yang Ada

Apabila Anda menjawab jawaban kelebihan dan kekurangan dengan kalimat ini, kemungkinan besar pihak HRD merekrutmu menjadi karyawan. Karena perusahaan menginginkan karyawan yang lihai dalam memecahkan masalah, karena dalam perusahaan pasti ada saja masalah.

Agar terlihat lebih meyakinkan di mata si HRD, berikan contoh Anda dalam memecahkan masalah pada kantor yang dulu.

7. Suka Bekerja Sama

Jawaban ini disukai oleh si HRD, kenapa? karena nanti akan ada suatu saat Anda diminta untuk bekerja bersama dengan rekan kerja dari tim lain itu semua demi perusahaan/bisnis.

Dengan menjelaska bahwa Anda "suka bekerja sama", perusahaan akan memandang Anda sebagai karyawan yang mampu untuk bekerja sama dengan rekan tim kerja lainnya.

8. Kreatif

Dengan menjawab jawaban kelebihan dan kekurangan dengan jawaban "kreatif" maka Anda akan dinilai spesial di mata si HRD. Kenapa? karena perusahaan akan terus berkembang lebih maju dan menemukan inovasi-inovasi baru yang berguna demi kepentingan bisnis perusahaan.

Jika Anda menjawab dengan jawaban seperti ini jangan lupa sertakan contoh yang hasil kreativitasmu di kantor yang lama.

9. Senang Belajar Hal Baru

Jawaban ini cukup digemari di kalangan para HRD, karena perusahaan biasanya akan memberikan Anda berbagai jenis tugas yang terkadang di luar deskripsi perjanjian tugas kerja Anda.

Disini, Anda jelaskan bahwa senang dan menyukai belajar hal-hal baru, Anda akan merasa tertantang dan berusaha menguasai hal baru tersebut.

Anda juga bisa menambahkan kata saat interview "saya merasa puas dan bisa menambah skill baru". Otomatis si HRD akan yakin untuk merekrut Anda Sobat ingfoloker.

10. Tidak Mudah Menyerah

Saat Anda ditanya perihal jawaban kelebihan dan kekurangan diri, Anda bisa menjawabnya dengan "tidak mudah menyerah", karena di era modern ini teknologi semakin maju dan inovasi semakin baru.

Oleh karena itu, calon kandidat yang mempunyai kelebihan "tidak mudah menyerah" akan diperlukan oleh si perusahaan, perusahaan membutuhkan karyawan yang tidak mudah menyerah dengan dunia ini.

Contoh Jawaban Kekurangan Diri Anda

Nah sekarang giliran membahas kekurangan diri Anda saat interview berlangsung apabila tim HRD menanyakan kepada diri Anda, dan tidak perlu takut atau khawatir.

1. Belum Memiliki Pengalaman yang Cukup

Nah jawaban kelebihan dan kekurangan ini bisa Anda lontarkan ke HRD apabila Anda seorang freshgraduate atau baru lulus pendidikan.

Tenang, dibalik itu ada solusinya yaitu Anda bisa paparkan pengalaman magang atau kegiatan yang sama dengan posisi yang Anda lamar.

Tak lupa jelaskan jawaban ini dengan penuh gairah dan semangat, agar HRD menilaimu sebagai seseorang yang ambisius dan mau belajar.

2. Kurang Sabaran

Jawaban berikutnya adalah "kurang sabaran" saat Anda ditanya oleh HRD tentang kekuatan dan kelemahan diri.

Anda bisa menjelaskan bahwa Anda "tidak sabaran" untuk menyelesaikan tugas pekerjaan yang diberikan oleh atasan.

Anda bisa menambahkan jawaban, bahwa Anda kerja selalu menggunakan to-do-list agar tidak ada kerjaan yang terhindar.

3. Suka Menghindari Konflik

Dengan jawaban "suka menghindari konflik" dapat menjadi jawaban kelebihan dan kekurangan yang bagus untuk menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri.

Karena, Anda akan bertemu dengan banyak masalah atau konflik di tempat kerjaan Anda nanti. Hingga terjadilah perdebatan dan menanggapi orang orang yang kurang menyenangkan.

Biasanya karyawan yang suka menghindar konflik atau masalah sulit untuk mendapatkan kemajuan dalam karir.

Oleh karena itu jangan lupa jelaskan ke HRD bahwa Anda sudah mulai memberanikan diri menghadapi konflik atau masalah tersebut.

4. Mudah Kecewa

Jawaban berikut adalah jawaban kelebihan dan kekurangan yang baik untuk Anda jawab pertanyaan si HRD tentang kekuatan dan kelemahan diri.

Jika Anda menjawab dengan pertanyaan ini maka Anda harus memberikan keterangan yang logis kepada HRD.

Contohnya, Anda mudah kecewa terhadap pekerjaan dan selalu aktif mencari cara agar meningkatkan kemampuan.

Selain menjelaskan itu, jelaskan juga bahwa Anda tidak akan terlalu larut dalam sedih dan kecewa.

5. Terlalu Kritis Terhadap Diri Sendiri

Menjawab jawaban kelebihan dan kekurangan dengan kata seperti ini adalah jawaban baik untuk menjawab kelebihan dan kekurangan diri.

Terangkan bahwa Anda kritis sangat kritis terhadap semua pekerjaan yang diberikan atasan.

Sebagai solusinya Anda bisa sampaikan bahwa Anda sudah mulai mencoba memperbaiki diri dengan menghargai pekerjaan yang di selesaikan.
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak